Billie Agoes Aliet

This Awesome Blogger site, Let's be friends and spread the love
together in the world.
Join us on

asyiknya jepret mekepung/buffalo race

hasil jepretku. sang joki didepan terjatuh di tikungan






Di Bali ada yang namanya MEKEPUNG atau balapan kerbau,yang menjadi icon kabupaten paling barat di propinsi Bali yaitu Kabupaten Jembrana. Mekepung sampai saat ini masih dilakukan masyarakat petani bahkan sekarang tidak hanya petani mulai dr kalangan pegawai negeri juga ikut mekepung. mekepung biasanya dilakukan pada musim kemarau dimana sawah sudah tidak berisi tanaman.

Mekepung mulai dilombakan kira2 pada tahun 1970-an, aturan dan kelengkapan dalam makepung saat ini mengalami beberapa perubahan. Misalnya, kerbau yang tadinya hanya seekor, sekarang menjadi sepasang. Kemudian, cikar atau gerobak untuk joki yang dulunya berukuran besar, kini diganti dengan yang lebih kecil.
Selain itu, kerbau peserta makepung sekarang juga lebih ‘modis’ dengan adanya berbagai macam hiasan berupa rumbing yang diukir yang dipasang di kepala kerbau dan bendera hijau atau merah di masing-masing cikar. Sementara, arena Makepung berupa track tanah berbentuk U sepanjang 1-2 km.
peserta mekepung akan dianggap sebagai pemenang bila ia menjadi yang terdepan saat mencapai finish dan mampu menjaga jarak dengan peserta di belakangnya, sejauh 10 meter.


Namun, bila pasangan kerbau yang berada di belakang bisa mempersempit jarak dengan peserta di depannya, menjadi kurang dari 10 meter, maka pasangan kerbau yang di belakang itulah yang akan keluar sebagai pemenang.

Share this:

ABOUTME

Hi all. This is deepak from Bthemez. We're providing content for Bold site and we’ve been in internet, social media and affiliate for too long time and its my profession. We are web designer & developer living India! What can I say, we are the best..

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: